undefined
undefined
Unknown
BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi pada saat ini telah membawa kemajuan yang besar dalam berbagai bidang. Untuk melakukan bisnis pun mudah di lakukan tanpa kita harus memiliki sebuah perusahaan atau toko untuk melakukan suatu usaha.orang cukup menggunakan media seperti computer atau handphone untuk melakukan bisnis.
Computer atau handphone sebagai alat bantu yang mempunyai kemampuan di dalam bidang pengolahan data dan informasi, sehingga dapat di manfaatkan untuk melakukan informasi bisnis.
Pemanfaatan computer atau handphone dalam memasarkan suatu produk memiliki peranan yang cukup penting di dalam dunia e-business. Di Indonesia kehadiran e-business menjadi peluang bagi pengusaha untuk berbisnis dengan cara yang mudah dan efisien. Saat ini e-business di Indonesia mulai dilirik oleh masyarakat ditandai dengan munculnya situs-situs yang berhubungan dengan e-business sebagai contoh toko online yang menawarkan berbagai barang atau jasa. Dari sekian banyak situs e-bussines yang ada di Indonesia, saya memilih Kaskus sebagai situs e-bussiness yang akan dibahas pada makalah ini ini. Karena Kaskus merupakan situs komunitas terbesar yang memiliki anggota atau member terbanyak di Indonesia. Situs ini menawarkan berbagai macam pilihan.

B.    Rumusan Masalah
Untuk mencapai suatu kesuksesan tidak begitu mudah tetapi tentunya melalui proses yang optimal, seperti halnya di dalam mengelola website, faktor yang mempengaruhi analisis SWOT, di antaranya faktor internal dan faktor eksternal. Sesuai dengan tugas yang diberikan, maka penulis akan membatasi pada pokok masalah, yaitu “Analisis SWOT dalam website Kaskus”.

C.    Tujuan Penulisan
       Menganalisa wibesite Kaskus dengan SWOT menurut peluang Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Treath (ancaman).

D.    Manfaat Penulisan
       Mengetahui Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Treath (ancaman) dari sebuah website Kaskus



BAB II
LANDASAN TEORI


A.    Pengertian SWOT
       Analisa SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisa ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).
       Menurut Johnson (1989) dan Bartol (1991), SWOT adalah perangkat umum yang didesain dan digunakan sebagai langkah awal dalam proses pembuatan keputusan dan sebagai perencanaan strategis dalam berbagai terapan.

a.    Strenghts (S)
       Mencerminkan kekuatan yang dimiliki oleh media. Adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah yang loyal, kekuatan nilai berita yang berbeda dan mempunyai segmen pasar tersendiri, telah memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup dunia sehingga memudahkan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar.
b.    Weaknesses (W)
       Mencerminkan kelemahan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, kelemahaan dari strategi pemasaran maupun  dari  system.
    Hal ini boleh jadi merupakan titik lemah ketika selera masyarakat baik itu masyarakat menengah kebawah maupun menengah keatas.
c.    Opportunities (O)
       Mencerminkan peluang yang dimiliki oleh suatu perusahaan, kebutuhan masyarakat yang membutuhkan informasi yang kritis dan informasi yang sesuai dengan faktanya, dan permintaan masyarakat yang tinggi akan produk yang murah namun berkualiatas.
d.    Threats (T)
       Mencerminkan ancaman potensial yang dihadapi oleh suatu perusahaan. Pada dasarnya semua perusahaan baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil memiliki ancaman, ancaman yang paling potensial adalah apabila system pemerintah yang berubah-ubah, bagaimana jika fungsi media dikembalikan kembali pada masa pada zaman pemerintah yang otoriter. Pembatasan iklan pada media tentu akan sangat berdampak negatif pada perusahaan dan pemasaran media.

B.    Analisis SWOT
    Secara umum, analisis SWOT pada tiap media massa dapat dilakukan, seperti yang diterangkan dibawah ini:
a.    Strengths ( Kekuatan / Kelebihan)
•    Tersedianya dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
•    Tersedianya undang-undang pers.
•    Tersedianya fasilitas sarana dan prasarana media massa.
•    Adanya promosi yang dapat dilakukan.
b.    Weaknesses (Kelemahan/Kekurangan)
•    Pelayanan terhadap masyarakat.
•    Mutu/ kualitas sebagian Sumber Daya Manusia (SDM).
•    Belum optimalnya fungsi pers.
•    Kurangnya kepedulian pihak swasta terhadap pers.
c.    Opportunities (Peluang /Kesempatan)
•    Adanya partisipasi dan dukungan masyarakat.
•    Adanya dukungan pemerintah.
•    Adanya dunia usaha/industri yang bersedia bekerjasama.
•    Kebutuhan masyarakat terhadap informasi.
d.    Threats ( Ancaman)
•    Perilaku dan budaya masyarakat yang kurang mendukung kerja media.
•    Masih adanya krisis ekonomi yang melemahkan kemampuan masyarakat secara finansial.
•    Belum mempunyai dukungan dari pemerintahan  yang otoriter
•    Image sebagian Masyarakat bahwa media tidak menjanjikan masa depan yang lebih baik.

C.    Sejarah Kaskus
       Kaskus didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat Kaskus untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Di tahun 2006 Kaskus terpaksa berubah domain dari .com menjadi .us karena penyebaran virus Brontok yang menyerang situs-situs besar Indonesia termasuk Kaskus. Sejak saat itulah alamat situs Kaskus berubah menjadi kaskus.us, yang juga sekaligus mengartikan bahwa Kaskus adalah us atau kita.
       Pada tahun 2008, Andrew Darwis dan Kean Dean Lawadinata memutuskan untuk mengelola Kaskus secara profesional. Situs Kaskus, personel &infrastuktur yang terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini. Di tahun 2012 Kaskus juga meluncurkan versi baru Kaskus 2.0 dimana terjadi penyempurnaan pada tampilan, navigasi, fitur search, layanan Forum Jual Beli (FJB), serta menambah server untuk mengakomodir kebutuhan member Kaskus yang telah mencapai lebih dari 4,5 juta member.

D.    Visi Misi Kaskus
1.    Visi
Menjadikan kaskus sebagai media untuk Indonesia untuk sharing, berbagi ilmu dan menciptakan kualitas internet yang sehat
2.    Misi
Menciptakan Forum Diskusi yang terdapat sharing dan berbagi Ilmu
Menjadikan media Jual-beli yang Lengkap

BAB III
PEMBAHASAN


Kaskus merupakan komunitas terbesar di Indonesia, bahkan membernya pun tersebar diberbagai negara yang masing-masing memiliki komunitas regional. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Nama "Kaskus" sendiri merupakan singkatan dari kata "kasak-kusuk".
Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006. Kaskus paling patut dibanggakan, forum ini adalah murni karya anak bangsa. Bahkan kesuksesan dari Kaskus ini sempat membuat Google ingin membelinya seharga USD 50 juta atau setara dengan 475 miliar rupiah.

A.    Kelebihan Kaskus
Sebagai situs e-bussiness terbaik dan komunitas terbesar di Indonesia kelebihan dari Kaskus  yaitu:
a.    Tampilannya lebih menarik
Kaskus memiliki tampilan yang menarik. Pada beranda awal terdapat sajian berita terbaru secara universal, juga terdapat thread terpopuler terbaru berdasarkan forum dan jual beli. Terdapat juga gambar bergerak yang membuat tampilan lebih menarik dan terkesan elegant dengan disertai keterangan dibawahnya. Sehingga menarik pembaca untuk mengikuti berita didalamnya.
b.    Terupdate
Kaskus selalu terupdate. Karena setiap saat terdapat kejadian baru, selalu di tambahkan berita yang up to date. Para Kaskuser memberikan berita-berita baru untuk Kaskuser lainnya.
c.    Terlengkap
Kaskus adalah forum terlengkap. Contohnya pada beranda awal terdapat banyak pilihan berita, dan berita tersebut sering dibutuhkan oleh orang lain. Contoh beberapa bagian awal berandanya ada beberapa pilihan seperti Lounge, berita dan politik, computer, jokes, movies, supranatural, Sports, games, otomotif, music, dan regional.
Tidak hanya hal tersebut, didalam kaskus juga terdapat banyak wacana berupa berita tapi juga terdapat seputar tips-tips kesehatan, kecantikan, edukasi dan banyak hal lainnya.
d.    Banyak pengetahuan didalamnya
Dari berita dan tips-tips serta banyak artikel dan info yang diberikan tentu secara otomatis memperluas pengetahuan pembaca, baik umum ataupun khusus pada bidangnya masing-masing. Misalnya pada menu Komputer, mengupas banyak hal yang berkaitan dengan Komputer, teknik-teknik dalam computer, tips and trick dalam mengoperasikan computer, dll.
 Contoh lain adalah pada menu Sports yang memuat banyak berita dan info-info olahraga dari dalam negeri maupun luar negeri seperti sepak bola, basket, bulutangkis yang tentunya memuat berita seperti transfer pemain, skor, jumlah gol, hingga klasemen beberapa klub. Tidak luput juga berita tentang Sea Games hadir di forum ini.

B.    Kekurangan Kaskus
Dari sekian banyak kelebihan yang diberikan oleh kaskus ternyata ada oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakannya seperti:
a.    Dengan tersedianya fitur jual beli, penjual video porno memanfaatkan fitur tersebut untuk mengedarkan produknya.
b.    Sering terjadi kesalahpahaman apabila terdapat threads yang isinya menyimpang.
c.    Seringkali ada oknum tertentu yang memanfaatkan kaskus untuk melakukan tindakan kriminal
C.    Analisis SWOT
1.    Strenght (Kekuatan)
Kaskus merupakan komunitas terbesar di Indonesia, bahkan membernya pun tersebar di berbagai negara yang masing-masing memiliki komunitas regional. Websitenya menggunakan tampilan yang menarik dan penggunaan bahasa yang mudah dicerna. Dilengkapi dengan banyaknya petunjuk dan tutorial. Penelusuran produk yang sedang menjadi trend ataupun produk baru, sering di bahas di halaman paling depan. Katalognya produk yang cukup lengkap memudahkan calon penjual, pembeli maupun supplier dalam menemukan suatu produk.
Dalam hal transaksi, calon penjual, pembeli maupun supplier harus menjadi member. Baru kemudian bisa melakukan tawar menawar melalui posting langsung di bawah produk yang ditawarkan, bisa juga melalui Private Message yang tersedia ataupun lewat telepon.
Setiap member akan memiliki status reputasi yang didapat melalui recomendasi dari member lain, ditandai dengan warna hijau atau GRP(Good Reputation Point) , warna merah atau BRP(Bad Reputation Point) dan warna abu-abu(haven’t reputation). Dalam hal pembayaran transaksi, FJB Kaskus menyediakan layanan Kaspay dan Rekening Bersama (Rekber) atau member bisa melakukan transfer secara langsung ke rekening member lain. Dalam hal pengiriman/delivery, member bisa memilih penyedia jasa kurir sesuai kesepakatan.

2.    Weakness (Kelemahan)
Selain memiliki berbagai kelebihan yang menjadi kekuatan website ini, beberapa masalah sering terjadi dan sangat mengganggu. Dengan semakin bertambahnya member yang melakukan posting di setiap forum yang tersedia, menyebabkan server sering down, server maintenance dan over posting. Akibatnya website sering tidak bisa di akses terutama pada saat jam sibuk dan traffic pengunjung sedang tinggi.
Banyaknya halaman yang tersedia sering tidak bisa diakses, dan cenderung menampilkan tampilan pada halaman yang itu-itu saja. Disamping itu, transaksi yang sudah deal dan selesai sering lambat dihapus oleh moderator dan admin, akibatnya akan muncul pada indeks pencarian. Keterbatasan space quota untuk Private Message sering menjadi kendala terhadap kelancaran transaksi.
Dalam hal Reputasi yang dimiliki oleh setiap member, moderator dan admin tidak bisa melakukan penelusuran terhadap banyaknya fake ID atau identitas palsu yang memungkinkan melakukan penipuan jika tidak di Banned.
Cara pembayaran secara transfer langsung sering diminta oleh para penipu dalam modusnya. Cara yang paling aman adalah melalui Kaspay dan Rekber yang disediakan. Namun cara inipun tidak serta merta langsung dan murah, calon pembeli dan penjual harus melakukan kesepakatan dengan pihak ketiga, membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang tidak murah.

3.    Opportunites (Peluang)
Jumlah member yang begitu banyak dan traffic pengunjung yang begitu tinggi bisa mendatangkan lahan bisnis baru bagi pengelola. Implementasinya adalah dengan membuat space iklan baik produk maupun afiliasi.
Disamping itu kerjasama dengan instansi pemerintah (B-G) dalam berbagai aspek bisa saling menguntungkan, misal dalam hal sosialisasi dan survey. Dengan banyaknya transaksi, keuntungan yang didapat dari pengguna Kaspay akan semakin meningkat. Disisi lain pengembangan website yang lebih luas lagi membuka peluang pasar ke cakupan yang lebih luas lagi yaitu pasar global.



4.    Threat (Ancaman)
Semakin banyaknya traffic pengunjung, tidak hanya mendatangkan peluang dan keuntungan, berbagai kendala dan ancaman harus siap dihadapi dan tangani dengan baik. Banyaknya member yang melakukan penipuan dengan menggunakan fake ID atau identitas palsu sering meresahkan calon pembeli, penjual ataupun supplier. Hal ini menimbulkan reputasi buruk bagi FJB Kaskus, karena para pengguna akan ketakutan dan cenderung berhati-hati dalam bertransaksi, disamping itu para calon pengiklan bisa batal mengiklankan produk mereka.
Para member yang tidak bertanggung jawab sering memposting script-script crack yang bisa menimbulkan kerusakan pada struktur website, mereka juga memberikan link jebakan yang menipu dan sering mengganggu utilitas dan performa server. Polemik lainnya adalah aturan pajak yang ditetapkan pemerintah terhadap jumlah server yang cenderung merugikan. Disatu sisi pemerintah menghendaki server-server harus berada di dalam negeri, disisi lain pajak yang dikenakan cukup tinggi.
Banyak muncul perusahaan-perusahaan internet didunia ketiga (negara berkembang) akan menyebabkan banyak menimbulkan pesaing-pesaing.



BAB IV
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Kesimpulan dari analisa website kaskus ini cukup memadai dalam menyampaikan informasi dan sudah cukup interaktif. Kaskus sebagai media untuk sharing, berbagi ilmu dan menciptakan kualitas internet yang sehat, menjadikan media jual-beli yang lengkap
kelebihannya memiliki tampilan yang menarik, selalu terupdate dan terlengkap dan banyak pengetahuan didalamnya, sedangkan kekurangannya sering terjadi kesalahpahaman apabila terdapat threads yang isinya menyimpang, seringkali adanya oknum tertentu yang memanfaatkan kaskus untuk melakukan tindakan kriminal

B.    Komentar
Informasi yang ada di Kaskus relevan membantu pembeli, Informasi yang disajikan Kaskus untuk suatu produk telah menggambarkan produk yang diinginkan pembeli. Kaskus memiliki tampilan yang menarik, selalu terupdate dan terlengkap dan banyak pengetahuan didalamnya

C.    Saran
Lebih meningkatkan sistem keamanan website dan sistem kerahasiaan website, Jaminan keamanan dan kerahasiaan dan Kompensasi kerugian karena alasan keamanan dan kerahasiaan.
Dapat lebih meningkatkan consumer perceived value, sehingga konsumen dapat lebih nyaman bertransaksi untuk kedua kali, ketiga kali dan seterusnya di website kaskus. Agar dari pihak website kaskus mengetahui bagaimana caranya meningkatkan consumer perceived value

DAFTAR PUSTAKA


Adityo, Benito. 2011. Analisis Pengaruh Kepercayaan Kemudahan Dan Kualitas
Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara On Line Di Situs
Kaskus. From http://eprints.undip.ac.id/29819/1/jurnal.pdf,
23 Oktober 2014


Putri, A.S., Susilawati. I.R., Peran Consumer Perceived Value Terhadap Perilaku
Membeli Ulang Produk Baju Jersey Sepakbola Di Website Kaskus. From
http://psikologi.ub.ac.id/wp-content/uploads/2013/10/JURNAL.pdf,
23 Oktober 2014


Rini,Triana P. 2013. Makalah Perencanaan Usaha (soft skill Kewirausahaan).
From http://anatrianapuspitarini.blogspot.com/2013/10/blog-post.html,
23 Oktober 2014


Andika. 2013. Analisa SWOT. From
http://andikawigunatambusai.blogspot.com/p/analisa-swot.html,
23 Oktober 2014


Komariah, Siti. 2013. Analisis SWOT dari KASKUS.com. From
http://komariahsiti.blogspot.com/2013/03/analisis-swot-dari-kaskuscom.html, 23 Oktober 2014



Anis. 2012. Mengulas Tentang Website Kaskus.From
http://anishsparadise.blogspot.com/2012/12/mengulas-tentang-website-kaskus.html, 23 Oktober 2014
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar