Unknown
SOAL

Terdapat class-class hewan sebagai berikut :


Penjelasan dari masing-masing atribut dan method sebagai berikut :
·         jenis : apakah termasuk hewan mamalia, serangga atau burung
·         ciri : ciri dari hewan tersebut
·         suara() : suara hewan tersebut
·         berjalan() : cara hewan tersebut berjalan/bergerak

Buatlah class-class yang mengimplimentasikan gambar diatas. Buatlah class TestHewan yang akan mengimplementasikan class-class di atas
dengan ketentuan sebagai berikut :
1.      Saat pertama kali dijalankan akan ditampilkan menu pilihan, yaitu nama-nama hewan tersebut serta menu untuk keluar dari program.
2.      Setelah user memilih hewan yang diinginkan, maka tampilkan suara dan cara berjalan/bergerak dari hewan yang dipilih.
3.      Jika user memilih Keluar, maka program selesai.
4.      Setelah program anda berjalan dengan benar, tambahkan cara masingmasing hewan tersebut bernafas, yaitu apakah menggunakan paru-paru, insang, atau yang lainnya. Sehingga pada saat class TestHewan dijalankan akan menampilkan suara, cara berjalan/bergerak dan cara bernafas dari hewan yang dipilih. Buat method ini dengan teknik polymorphism.
Buatlah kesimpulan sendiri tentang polymorphism.

 
 LANDASAN TEORI

1.      POLYMORPHISM
Polymorphism mempunyai makna sesuatu yang memiliki banyak bentuk, yaitu memiliki nama sama, tetapi memiliki kelakuan (behaviour) yang berbeda. Polymorphism merupakan metode pewarisan sifat yang mana dalam anak kelas terdapat method yang mengoverride method dalam induk kelas. Metode disebut polimorfis jika aksi yang dilakukan oleh suatu metode berbeda-beda tergantung pada objek aktual pada saat metode itu dijalankan.
Polimorfisme adalah salah satu fitur utama dalam pemrograman berorientasi objek. Dengan adanya sifat pewarisan polimorfis itu berarti kita bisa menghemat koding. Overloading sangat lekat dengan polimorfis karena di dalam polimorfis harus terdapat overloading yaitu keadaan dimana memiliki method dengan nama yang sama namun parameter berbeda. Method Overriding adalah kemampuan dari subclass untuk memodifikasi method dari superclass-nya, yaitu dengan cara menumpuk (mendefinisikan kembali) method superclass-nya.

2.       INHERITANCE
Inheritance merupakan proses pewarisan data dan method dari suatu class yang telah ada kepada suatu class baru. Class yang mewariskan disebut dengan superclass / parent class / base class, sedangkan class yang mewarisi (class yang baru) disebut dengan subclass / child class / derived class. Subclass tidak dapat mewarisi anggota private dari superclass-nya.
Dengan inheritance, class yang baru (subclass) akan mirip dengan class yang lama (superclass) namun memiliki karakteristik yang baru. Dalam Java, subclass hanya bisa memiliki satu superclass (single inheritance) sedangkan superclass bisa memiliki satu subclass atau lebih. Untuk menerapkan inheritance, gunakan statement “extends”.

Keyword “super” digunakan oleh subclass untuk memanggil constructor atau method yang ada pada superclass-nya.
Contoh untuk memanggil constructor milik superclass-nya :

Contoh untuk memanggil method milik superclass-nya :


 
 

LISTING PROGRAM  & RUN PROGRAM

1.      Class Program TestHewan

package testhewan;
import java.util.Scanner;
public class TestHewan
{
    public static void main(String[] args)
    {
        System.out.println("Daftar pilihan  Hewan");
        System.out.println("=====================");
        System.out.println("1. Singa");
        System.out.println("2. Elang");
        System.out.println("3. Lebah");
        System.out.println("4. Paus");
        System.out.println("5. Keluar dari program");
        System.out.println("=====================");
        System.out.print("Pilihan Hewan : ");
       
        int pilih;
        Scanner c = new Scanner(System.in);
        pilih = c.nextInt();
        System.out.println("\t");
       
        Singa s1 = new Singa("Mamalia", "Memiliki tubuh yang besar, pemakan daging", "Mengaung 'Hauwww'", "Menggunakan 4 kaki");
        Elang e1 = new Elang("Mamalia", "Memiliki tubuh yang sedang", "Mencucuk 'Pcukcukcukcuk'", "Terbang dengan sayap, berjalan dengan 2 kaki, Berenang");
        Lebah l1 = new Lebah("Burung", "Memiliki tubuh yang kecil, termasuk serangga, pencari madu", "Mengiung 'wiiungngungungungu'", "Terbang dengan sayap, berjalan dengan 2 kaki");
        Paus p1 = new Paus("Mamalia", "Memiliki tubuh yang besar, hewan berdarah panas, Hidup di laut", "Keras 'Plundg'", "Berenang");

        switch (pilih)
        {
            case 1:
                System.out.println("SINGA");
                s1.tampilHewan();
                System.out.println("Singa bernafas dengan paru - paru");
                break;

            case 2:
                System.out.println("ELANG");
                e1.tampilHewan();
                System.out.println("Singa bernafas dengan paru - paru");
                break;
               
            case 3:
                System.out.println("LEBAH");
                l1.tampilHewan();
                System.out.println("Lebah bernafas dengan paru - paru");
                break;
               
            case 4:
                System.out.println("PAUS");
                p1.tampilHewan();
                System.out.println("Paus bernafas dengan paru - paru");
                break;
               
            case 5:
                System.exit(0);
                break;

            default:
                System.out.println("Maaf pilihan yang anda masukkan tidak terdaftar !");
        }
    }
}


2.      Class Program Hewan

package testhewan;
public class Hewan
{
    protected String jenis, ciri;
   
    public Hewan(String jenis, String ciri)
    {
        this.jenis = jenis;
        this.ciri = ciri;
    }
   
    public Hewan()
    {
    }
   
    public void tampilHewan()
    {
        System.out.println("Jenis Hewan   : " + jenis);
        System.out.println("Ciri Hewan    : " + ciri);
    }
}



3.      Class Program Singa

package testhewan;
public class Singa extends Hewan
{
    private String suara, berjalan;
   
    public Singa(String jenis, String ciri, String suara, String berjalan)
    {
        super(jenis, ciri);
        this.suara = suara;
        this.berjalan = berjalan;
    }
   
    public Singa(String suara, String berjalan)
    {
        this.suara = suara;
        this.berjalan = berjalan;
    }
   
    @Override
    public void tampilHewan()
    {
        super.tampilHewan();
        System.out.println("Suara Hewan   : " + suara);
        System.out.println("Cara berjalan : " + berjalan);
    }
}


4.      Class Program Elang

package testhewan;
public class Elang extends Hewan
{
    private String suara, berjalan;
   
    public Elang(String jenis, String ciri, String suara, String berjalan)
    {
        super(jenis, ciri);
        this.suara = suara;
        this.berjalan = berjalan;
    }
   
    public Elang(String suara, String berjalan)
    {
        this.suara = suara;
        this.berjalan = berjalan;
    }
   
    @Override
    public void tampilHewan()
    {
        super.tampilHewan();
        System.out.println("Suara Hewan   : " + suara);
        System.out.println("Cara berjalan : " + berjalan);
    }
}



5.      Class Program Lebah

package testhewan;
public class Lebah extends Hewan
{
    private String suara, berjalan;
   
    public Lebah(String jenis, String ciri, String suara, String berjalan)
    {
        super(jenis, ciri);
        this.suara = suara;
        this.berjalan = berjalan;
    }
   
    public Lebah(String suara, String berjalan)
    {
        this.suara = suara;
        this.berjalan = berjalan;
    }
   
    @Override
    public void tampilHewan()
    {
        super.tampilHewan();
        System.out.println("Suara Hewan      : " + suara);
        System.out.println("Cara berjalan    : " + berjalan);
    }
}

 
6.      Class Program Paus

package testhewan;
public class Paus extends Hewan
{
    private String suara, berjalan;
   
    public Paus(String jenis, String ciri, String suara, String berjalan)
    {
        super(jenis, ciri);
        this.suara = suara;
        this.berjalan = berjalan;
    }
   
    public Paus(String suara, String berjalan)
    {
        this.suara = suara;
        this.berjalan = berjalan;
    }
   
    @Override
    public void tampilHewan()
    {
        super.tampilHewan();
        System.out.println("Suara Hewan      : " + suara);
        System.out.println("Cara berjalan    : " + berjalan);
    }
}


1.      Tampilan daftar pilihan Hewan.







3.      Tampilan user memilih keluar


2.      Tampilan setelah user memilih hewan no 1, menampilkan suara dan cara berjalan atau bergerak dari hewan yang dipilih.




4.      Tampilan setelah user memilih hewan no 1, menampilkan suara cara berjalan/bergerak dan cara bernafas dari hewan yang dipilih.










KESIMPULAN

Untuk menghitung luas lingkaran dan luas persegi panjang pada netbeans menggunakan kondisional yaitu pernyataan switch, dimana pernyataan switch dipakai pada saat kita ingin memberikan kondisi dengan beberapa syarat yang identik yang masing-masing mempunyai pernyataan yang berbeda-beda. Pada Java, nilai yang dilewatkan pada switch harus bertipe int, short, byte atau char.
1 Response
  1. Unknown Says:

    kenapa diclass paus bagian super nya error ya saya coba


Posting Komentar